Home » Informasi » Kesehatan » 13 Manfaat Teh Untuk Kesehatan

13 Manfaat Teh Untuk Kesehatan

manfaat teh untuk kesehatan tubuh

Manfaat Teh Untuk Kesehatan, PojokDunia.Com – Teh merupakan minuman paling pupoler di dunia, menduduki peringkat kedua setelah air putih. Teh ( camellia sinensis  ) merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang telah ditanam di 30 negara lebih.

Teh memiliki kandungan sumber alami yang  baik bagi kesehata tubuh seperti antioksidan, teofilin, dan kadar lemak yang mendekati nol persen dan volatile yang memberikan cita rasa sedikit pahit sebagai rasa khas pada teh.

Kandungan Alami Teh

Teh mengandung sejenis antioksidan yang bernama katekin. Serta merungandung kafein alami sebanyak 40 (empat puluh) mg dalam setiap cangkirnya. Daun teh unggulan banyak mengandung senyawa  bio-aktif alami seperti  polyfenol , kaya akan mineral dan vitamin, beberapa kandungannya seperti:

1. Polyphenols

Polyfenol merupakan antioksidan alami yang memberikan efek perlindungan dari bakteri, jamur, virus, anti stress. Selain itu epigallo-catechin gallate ( EGCg) yang terdapat dalam polyfenol merupakan antioksidan kuat yang melebihi vitamin C dan E.

2. Vitamin

Teh mengandung vitamin K dengan kadar 300­ – 500 IU dalam tiap gramnya. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang.

3. Mineral

Dalam teh terkandung mineral yang cukup banyak diantaranya yang berperan dalam pembentukan enzim diantaranya kalium, magnesium, kalsium, seng, mangan, Cu, dan selenium.

13 Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Teh merupakan fungsional food karena selain rasanya yang nikmat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman bahkan makanan, teh juga memiliki potensi yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

manfaat teh untuk kesehatan
manfaat teh untuk kesehatan

Dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau melalui olahan. Beberapa manfaat teh untuk kesehatan diantaranya:

1. Menurunkan Resiko Penyakit Kanker

Kandungan polyfenol yang terdapat dalam teh mampu memberikan perlindungan terhadap zat karsiogenik. Senyawa EGCg dan catechin yang terdapat dalam teh juga dapat mencegah terjadinya kanker.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Kardiovaskular/ Jantung

Kandungan catechin dalam teh mampu menurunkan konsentrasi kolestrol dan tekanan darah . yakni kemampuannya dalam menghambat penyerapan kolestrol dan menghambat penggumpalan sel-sel platelet sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of physiology, University of Fribourg, Switzerland menyebutkan bahwa polyfenol the dapat menghambat aktivitas lipase sehingga pencernaan lemak tidak dapat diserap oleh usus halus dan dikeluarkan bersama feses.

4. Mencegah Osteoporosis

Senyawa aktif yang terkandung didalam the berperan menyerupai hormon esterogen lemah yang berperan dalam melindungi kepadatan tulang.

5. Memperkuat Gigi

Unsure flouride dalam teh sebanyak 35 – 339 ppm mampu berperan sebagai anti mikroba, menghambat translokasi gula sel, dan menghambat enzim fosfatase sel. Sehingga mencegah tumbuhnya karies pada gigi.

6. Menghambat Virus AIDS

Dalam sebuah penelitian di Institute for Experimental Virology and Immunology, Hamburg, Jerman menyebutkan bahwa EGCg  yang terdapat dalam teh dapat melawan pembentukan beta-amiloid serta merusak fibril yang dibentuk dari peptid prostat dan menghentikan penularan HIV.

7. Membuat Rileks Tubuh

Senyawa teanin yang mudah diserap oleh usus dapat memberikan efek terhadap kondisi emosi dan keadaan mental seseorang. sehingga dapat memberikan perasaan senang dan memperbaiki mood.

8. Menghaluskan dan Melindungi Kulit, Serta Menyegarkan Tubuh

Teh mengandung kafein yang berbeda dengan kopi. Kandungan kafein yang terdapat dalam teh dapatmerangsan sistem syaraf tubuh dan  memperlancar pengambilan oksigen kedalam tubuh.

9. Mengurangi Resiko Keracunan Makananan

Unsur catechine mampu menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

10. Meningkatkan Sistem Imun dan Awet Muda

Kandungan vitamin C dan E membantu melancarakan pembuluh darah, mengurangi risiko stroke dan mampu menyerap lemak dalam darah.

11. Mengoptimalkan Metabolisme Gula

Mangan (Mn) yang terdapat dalam teh membantu menjaga kadar gula dalam darah.

12. Melindungi Ingatan

Teh hijau dapat melindungi pikiran agar tidak linglung.

13. Mendinginkan kulit yang terbakar

Yaitu dengan cara menempelkan beberapa teh kantung basah pada kulit yang terbakar.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat teh untuk kesehatan. Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat untuk sobat podi (pojok dunia) yang membacanya, agar informasi ini dapat bermanfaat untuk oranglain, silah Share yah pada tombol share yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *