Home » Informasi » Kesehatan » Tanda-Tanda Penyakit Jantung

Tanda-Tanda Penyakit Jantung

Tanda-tanda penyakit jantung, nyeri dada terasa seperti ini?, PojokDunia.Com – Serangan jantung adalah suatu kondisi yang terjadi saat suplai darah ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh pembekuan darah atau akumulasi lemak, kolesterol, dan unsur lainnya.

Gangguan pada proses aliran darah ke dalam jantung dapat merusak atau membuat hancur otot jantung dan dapat berakibat sangat fatal. Di dunia medis, serangan jantung juga disebut infark miokard.

Beberapa gejala yang muncul pada pasien dengan serangan jantung.

  1. Sulit untuk bernafas.
  2. Nyeri atau nyeri di dada.
  3. Merasa lemah dan pusing.
  4. Sangat gelisah atau cemas.

Serangan jantung tidak tergantung pada beratnya nyeri dada yang dirasakan. Nyeri dada yang dirasakan tidak selalu terjadi pada semua orang yang merasakan penyakit jantung.

Terkadang rasa sakit itu ringan dan disalahartikan sebagai gangguan pencernaan yang umum, seperti gastritis (bisul). Sebaliknya, tidak semua nyeri dada merupakan hasil serangan jantung.

Karena itu, penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap gejala tersebut. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang cepat dan tepat.

Tidak Semua Nyeri Dada Serangan Jantung

Jika kita merasa sakit di daerah dada, kita akan berpikir jika ada yang salah dengan kondisi kesehatan jantung kita. Padahal, menurut ahli kesehatan, tidak semua nyeri dada berhubungan dengan penyakit jantung. Lantas apa nyeri dada akibat penyakit jantung? Inilah penjelasannya.

Tanda-tanda penyakit jantung
Tanda-tanda penyakit jantung

Menurut Pakar Kesehatan

Pakar kesehatan mengatakan bahwa nyeri dada merupakan pertanda penyakit jantung yang biasanya terasa seperti tertimpa benda berat dan rasa sakit ini tidak bisa kita tentukan dimana.

Selain itu, biasanya, nyeri dada ini akan muncul di dada ke kiri meski rasa sakit ini juga bisa menyebar ke berbagai bagian tubuh lainnya seperti bahu, punggung, atau bahkan rahang.

Namun, terkadang, penyakit jantung tidak menimbulkan rasa sakit di dada dan hanya memberi rasa tidak nyaman saja.

Tanda-tanda penyakit jantung

Tidak hanya nyeri dada, penderita penyakit jantung mungkin memiliki gejala munculnya keringat dingin yang berlebihan yang membuat pakaian basah. Selain itu, mereka juga bisa mengalami sesak napas.

Hal ini disebabkan oleh kesulitan jantung dalam memompa darah yang pada gilirannya juga akan memicu gejala seperti mual, muntah, dan rasa sakit di lambung perut seperti penyakit maag. Karena munculnya rasa sakit di pleksus solar cukup banyak penderita penyakit jantung yang tidak bisa membedakan dari mana rasa sakit timbul, dari dalam hati atau dari perut.

Jika Anda mengalami gejala di atas dan memiliki faktor risiko penyakit jantung seperti kebiasaan merokok, memiliki masalah hipertensi, memiliki kolesterol tinggi, menderita diabetes, mengalami masalah obesitas, berusia di atas 40 tahun, dan memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, Sebaiknya segera periksa kondisi medis ke dokter karena bisa jadi inilah pertanda penyakit jantung yang berbahaya.

Demikian informasi kesehatan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat bagi anda dan share agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *