Home » Informasi » Malware Berbahaya Bagi Ponsel Android

Malware Berbahaya Bagi Ponsel Android

Malware Berbahaya Bagi Ponsel Android dari Pojok dunia kami akan mengulas informasinya lebih banyak lagi kalian bisa mencari informasinya disnih. apakah kalian mengetahui malware adalah salah satu merupakan perangkat lunak yang dirancang dengan tujuan merusak dan menghancurkan jaringan yang ada di dalam sebuah perangkat. Malware sendiri juga dapat digunakan oleh para peretas untuk mencuri data-data, serta informasi pribadi dari perangkat pengguna.

Smartphone dengan sistem operasi Android termasuk rentan terhadap bahaya malware. Berikut merupakan sepuluh malware berbahaya yang bisa menyerang ponsel Android.

Bagaimana cara untuk menghindari Malware berbahay bagi ponsel ini?

Pada awalnya, Svpeng merupakan ransomware Android yang bertindak menipu target dengan memblokir ponsel dan menampilkan pesan yang bertuliskan permintaan uang atas tindakan kriminal. Securelist memaparkan cara lain virus ini untuk menipu target, yakni dengan menampilkan pengumuman dari FBI palsu untuk meminta ‘denda’.

Malware Berbahaya Bagi Ponsel Android

  1. JLFake
  2. Fakelnst
  3. Kungfu
  4. VDLoader
  5. Basabridge

Malware satu ini bekerja dengan menyamar sebagai aplikasi seluler berupa aplikasi pesan singkat. Aplikasi seluler yang telah disisipi JIFake ini memiliki fungsi SMS yang berfungsi untuk mengirim pesan teks ke nomor telepon premium.

Malware ini sering ditemukan di wilayah Eropa Timur dan Rusia, dan jelas merugikan pengguna karena malware jahat tersebut dapat memonitor pesan SMS yang masuk dan mengumpulkan informasi perangkat dan data serta lokasi bahkan bisa difungsikan sebagai penyadapan.

Biasanya Malware ini terdapat pada berbagai aplikasi dan game yang tersedia di pihak ketiga. Oleh karena itu, maka berhati-hati saat menginstal aplikasi dari pihak ketiga, dan lebih baik menginstal aplikasi resmi dari Google Play Store.

Fakeinst merupakan malware yang paling banyak merusak perangkat Android, meskipun pengguna tidak akan menyadari kehadiran Malware ini, tapi secara tidak disadari pengguna akan kehilangan seluruh data di perangkatnya.

Malware Berbahaya Bagi Ponsel Android

Malware ini tersebar melalui toko aplikasi pihak ketiga 9apps.com, yang dimiliki oleh Alibaba. Biasanya, serangan aplikasi malware non-Google Play seperti itu berfokus pada pengguna negara-negara berkembang. Namun kesuksesan para peretas masuk ke pasar Amerika menjadikannya luar biasa, kata Check Point.

Aplikasi WA berbahaya ini, akan menayangkan iklan berbahaya. Siapa pun yang berada di balik malware ini bisa membuat hal lebih buruk dari sekedar penayangan iklan berbahaya.

Check Point memperingatkan dalam sebuah blog, “Karena kemampuannya untuk menyembunyikan ikon itu dari launcher dan menyamar sebagai aplikasi populer yang ada pada perangkat, malware semacam ini memiliki potensi tak terbatas untuk merusak perangkat pengguna,” tulis para peneliti di Check Point.

Mereka mengatakan bahwa mereka telah memperingatkan Google dan lembaga penegak hukum terkait. Google belum memberikan komentar hingga kini.

Cara kerja serangan tersebut, sebagai berikut: pengguna mengunduh aplikasi dari toko aplikasi. Aplikasi ini kemudian menginstal malware secara diam-diam, yang mereka samarkan sebagai alat pembaruan sistem operasi Google yang sah. Tidak ada ikon yang muncul untuk update tipuan ini di layar pengguna, menjadikannya menyusup secara sembunyi-sembunyi. Aplikasi yang sah seperti WhatsApp sampai browser Opera kemudian mereka ganti dengan update malware, sehingga mereka mampu menayangkan iklan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *