Home » Wisata » Destinasi Wisata Pulau Sangiang di Ujung Banten

Destinasi Wisata Pulau Sangiang di Ujung Banten

Pojokdunia.com – Destinasi Wisata Pulau Sangiang terletak di Provinsi Banten, berada di ujung barat pulau jawa sebuah pulau kecil yang masuk kedalam wilayah cagar alam dan konservasi serta memiliki keindahan alam yang tersembunyi.

Pulau sangiang pulau yang meimiliki pantai berpasir putih, air yang biru dan tenang menjadikan keindahan serta keeksotisan pulau sangiang di hati para penikmat alam.

Didukung dengan lingkungan yang hijau alami dengan hutan tropis khas pulau sangiang menambah kesejukan untuk menikmati keindahan pulau sangiang.

pulau sangiang - dermaga
Instagram by @exploresangiang

Nah ini dia sejarah singkat tentang pulau sangiang, untuk menambah edukasi para traveller sebelum berkunjung ke sana.

Pulau Sangiang yang awalnya nya adalah sebuah  Cagar Alam dengan luas 700,35 Ha. Pada tahun 1991 Dirubah menjadi wisata perairan dengan total luas 720 HA. Terletak di Selat Sunda yang memisahkan pulau jawa dan pulau Sumatra.

Pulau sangiang memiliki luas kurang lebih 700 ha dan hanya terdapat  sekitar 40 kepala keluarga. Di pulau sangiang terdapat sekitar 10 rumah warga asli yang terpencar di pulau sangiang.

pulau sangiang - pantai
Instagram by @exploresangiang
pulau sangiang - berenang
Instagram by @exploresangiang

Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 55/Kpts-II/1993 dikeluarkan pada tanggal 8 Februari 1993 yang berisi kawasan Cagar Alam diubah fungsinya menjadi Taman Wisata Alam pulau sangiang dengan luas total  700 ha dengan 528,15 ha berupa daratan dan 200 ha berupa lautan.

Spot Wisata Yang Terdapat di Pulau Sangiang

Nah jika para backpacker atau traveller sudah tiba di pulau sangiang maka akan disambut dengan keindahan pasir putih dan biru nya air jernih pulau sangian dengan suara desir air laut yang membuat para traveller atau backpacker berdecak kagum

Tidak lengkap rasanya jika para traveller atau backpacker berkunjung ke pulau sangiang tidak merasakan sensasi snorkeling dan juga diving, Kegiatan tersebut akan mengantarkan para traveller atau backpacker ke suasana indahnya bawah laut di spot area pantai Tanjung raden.

pulau sangiang - coral
Instagram by @exploresangiang

Selain itu, para traveller atau backpacker juga bisa menikmati rasanya berjemur dan memancing di glass bottom boat. Di beberapa spot pinggiran pantai.

Nah, jika ke Pantai Sangiang, sempatkanlah untuk menuju ke spot wisata Legon Waru dan juga goa kelelawar. Untuk spot wisata legon waru para traveller atau backpacker bisa menikmati wisata dengan menggunakan perahu.

Untuk spot wisata goa kelelawar jangan kaget bila para traveller atau backpacker akan bertemu dengan ribuan kelelawar di dalam goa tersebut yang terasa cukup unik dan seru.

pulau sangiang - goa kelelawar
Instagram by @exploresangiang
pulau sangiang - sunset
Instagram by @exploresangiang

Ini dia bagian terpentingnya rute untuk ke pulau sangiang dan berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk ke sana ?

Jika para traveller atau backpacker berminat untuk berkunjung ke pulau ini, cara yang mudah untuk menuju pulau ini adalah perjalanan dari Jakarta. Para traveller atau backpacker, bisa naik bus dari terminal Slipi atau Rambutan ke terminal Cilegon sekitar 2 jam. Lalu, dilanjutkan ke pelabuhan Anyer.

Baca juga : Pulau Peucang – Pulau Surga di Ujung Banten

Nah, jika para traveller tau backpacker tertarik untuk berwisata ke pulau sangiang ini, akan dipastikan perlu rincian biaya ke pulau sangiang bukan? Seperti yang telah dijelaskan di atas, biaya akan bervariasi tergantung dengan fasilitas dan akomodasi yang digunakan. Namun biasanya per orang akan membutuhkan biaya sekitar 300 ribu -500 untuk sekali trip bersama rombongan.

pulau sangiang - bukit
Instagram by @exploresangiang

Jika tertarik untuk melakukan open trip, maka tidak ada salahnya jika mencoba menghubungi tour dan travel. Adapun open trip pulau sangiang akan bervariasi tergantung dengan jumlah hari yang dilaksanakan. Rata-rata setiap orang akan menghabiskan 450 ribu selama 3 hari. Adapun fasilitas yang bisa didaptkan adalah transportasi Cilegon-Pelabuhan Anyer (PP), kapal untuk snorkeling, penginapan (sharing room), dan makan (sesuai jadwal). Selain itu peserta juga bisa mendapat tiket masuk dan perizinan, local guide, dokumentasi wahana bawah laut.

pulau sangiang - pemandangan
Instagram by @exploresangiang

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *