Home » Wisata » Pulau Peucang – Pulau Surga di Ujung Banten

Pulau Peucang – Pulau Surga di Ujung Banten

Pojokdunia.com – Wisata Pulau Peucang, Provinsi Banten yang ujung Barat Pulau Jawa. yakni ujungnya Banten di kenal banget dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan taman nasional tertua di Indonesia dan saat ini masih mempunyai penangkaran Badak Bercula Satu yang di nobatkan sebagai katagori hewan langka. Taman Nasional Ujung Kulon diresmikan pada tahun 1991 sebagai Warisan Dunia yang dilindungi oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Selain memiliki cagar alam yang sangat mengedukasi, Banten juga mempunyai Surga yang sangat tersembunyi, yaitu Pulau Peucang Banten.

Pulau Peucang ternyata mempunyai asal nama yang sangat unik banget. Nama tersebut diambil dari nama sejenis hewan siput yang terdapat dari pantainya yang indah itu. warga sekitar biasa menyebutnya dengan “mata peucang”. Dalam istilah bahasa sunda “peucang” disebut sebagai Kancil.

rusa-pulau-peucang

Sebelum para Travelling berangkat, kalian harus tau tentang Pulau Peucang

Sebelum para Traveller beranjak menuju Pulau Peucang, banyak yang harus kalian ketahui dari sisi lain Pulau Surga tersebut. Kami akan sampaikan cara-cara berserta estimasi biaya untuk menuju Pulau Peucang di ujung artikel ini.
Mengapa Pulau Peucang bisa di bilang Pulau Surga? karna Pulau Peucang adalah salah satu yang di nobatkan UNESCO sebagai Warisan Dunia dengan keberagaman Flora dan Faunanya.
Karna Pulau Peucang merupakan bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon. Maka mudah sekali seperti Rusa, Banteng Jawa, Merak Hijau, Luntung, Kijang, Babi Hutan dan Biawak.
Pulau yang mempunyai luas 450 Hektar ini mempunyai hutan yang merupakan salah satu Ekosistem Hutan Hujan Tropis dataran rendah.
cagar-alam-pulau-peucang

Selamat datang di Pulau Peucang, Pulau Surga alam warisan dunia

Ketika para Traveller menginjak Pulau Peucang maka anda akan melihat betapa indahnya alam warisan dunia. Pulau yang memiliki keindahan pasir yang putih, air laut yang sangat biru jernih.

Snorkeling dan Diving adalah olahraga paling tepat di pulau surga ini, karna wajib bagi para traveller untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang beragam jenis terumbu karang. Bahkan banyak ikan yang memanjakan mata anda dengan berbagai jenis warna di dukung dengan jernihnya air bawah laut.

terumbu-karang-pulau-peucang

karang-copong-pulau-peucang-2

Wisata Yang Terdapat Di Pulau Peucang

Adapula wisata di dalam Pulau Peucang yang tersembunyi, antara lain bisa di sebut juga dengan Surga di dalam Pulau Surga. yaitu Karang Copong.
Karang Copong cukup banyak menarik perhatian para Traveller karna memiliki sebuah karang mati sangat besar yang berlubang/bolong (copong) terletak pada bagian utara Pulau Peucang.
Menikmati matahari terbenam di karang copong menjadi tempat yang sangat indah di pulau peucang. Dengan melihat pemandangan karang yang jarang kita lihat traveller juga bisa menunggu terbitnya matahari yang indah.
Perjalanan menuju karang copong kita di sajikan dengan banyak Flora dan Fauna yang beragam jenisnya. dalam perjalanan menuju utara pulau peucang kita akan melewati hutan primer dan jalanan yang cukup datar. para traveller akan sering berpapasan dengan Rusa ataupun Babi hutan, jika hari sedang senja tak sering anda mendengar suara burung merak yang saling bersahutan untuk memanjakan telingan para traveller.

karang-copong-pulau-peucang

Cara-Cara dan Estimasi Biaya Menuju Pulau Peucang

Pulau Peucang dapat mudah anda lalui dengan menggunakan jasa Tour Guide atau Open Trip agar anda tidak memikirkan hal-hal transportasinya. Namun bagi anda traveller sejati yang ingin Backpacker pastinya juga akan seru dan menantang sekali.

  1. Perjalanan untuk para Backpacker sampai ke Pulau Peucang bisa kalian mulai dari Terminal Kalideres Jakarta dengan Tujuan Kalideres-Labuan yang akan memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.
  2. Sesampainya di Terminal Labuan anda harus naik angkutan umum menuju Taman Jaya yang akan memakan waktu 4 jam perjalanan.
  3. Sesampainya di Taman Jaya anda harus menaiki Perahu menuju Pulau Peucang dengan estimasi waktu 2-3 jam perjalanan laut.

Bagi para Backpacker yang kaget dengan harga perahu dari taman jaya menuju pulau peucang yang mahal, ada trik untuk menghematnya. yaitu anda cari tour guide dan penduduk sekitar taman jaya antau hubungi yang ada di online untuk di ikutkan bersama rombongan, biasanya anda di sarankan untuk menginap dahulu semalam di taman jaya.

Baca Juga : Pria Batalkan Nikah Akibat Tamu Undangan…

Lalu untuk Estimasi biaya selama perjalanan menuju Pulau Peucang. yaitu:
– Terminal Kalideres – Terminal Labuan : Rp 25.000,-
– Terminal Labuan – Taman Jaya : Rp 25.000 – 40.000,-
– Perahu Menuju Pulau Peucang : Rp 150.000 – 250.000,-

Untuk penginapan di pulau peucang para Traveller yang sedang Backpackeran jangan khwatir karna pulau peucang tersedia penginapan yang di kelola PT.Wanawisata Alam Hayati.
Beragam Type yang disediakan untuk penginapan. yaitu:
– Flora A ber-AC (tersedia 6 kamar) : Rp 780.000,-
– Flora B ber-AC (tersedia 6 kamar) : Rp 680.000,-
– Fauna ber-AC (tersedia 8 kamar) : Rp 400.000,-
– Reguler Non-AC : Rp 150.000 – 250.000 ,-

tugu-taman-nasional-ujung-kulon-pulau peucang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *